PROTOKOL JARINGAN DAN INTERFACE

A.      PROTOKOL JARINGAN
Aturan-aturan atau tata cara yang digunakan untuk pertukaran data dalam sebuah jaringan mulai dari format data sampai koneksi listrik dalam jaringan.
·         Terdiri dari :
a.       HTTP
Merupakan protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW). Mendefinisikan format pesan yang bisa dikirim dari server ke client.
b.      POP3
Mengambil email yang kita terima dari server email tanpa harus login ke acount email
c.       SMTP
Merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima.
d.      WAP
Protokol aplikasi yang memungkinkan internet dapat diakses oleh ponsel dan perangkat wireless lainnya.
e.      DNS
DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet.  DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.

B.      INTERFACE
Dalam terminologi perangkat lunak, interface bisa diartikan sebagai tampilan atau cara perangkat lunak bersangkutan berinteraksi dengan penggunanya. Sedangkan dalam terminologi perangkat keras, interface mengacu kepada standar yang digunakan oleh suatu peripheral tertentu untuk berhubungan dengan peripheral lainnya dalam satu sistem.
Interface ini, meliputi:
1.       perangkat yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu, dan perangkat yang secara tidak langsung mengontrol perangkat lunak.
2.       piranti input atau output
3.       prosedur pemakaian perangkat.
Terdiri dari :
a.       PORT USB
Port : tempat untuk memasukkan kabel atau alat eksternal.
USB (Universal Serial Bus) : Sebuah bus I/O (input/output) yang dapat mentransfer data


b.      RS232
Penghubung antara perangkat yang menghubungkan perangkat pengolah data serial ke data analog (radio) atau data serial ke data serial
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Network dengan judul PROTOKOL JARINGAN DAN INTERFACE. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Imformasi Untuk Anda
Ditulis oleh: Unknown - Senin, 23 Januari 2012

Belum ada komentar untuk "PROTOKOL JARINGAN DAN INTERFACE"

Posting Komentar